Latest News
Thursday 25 February 2016

BP Batam Tolak Temenggung Dijadikan Pusat Unjuk Rasa



BATAMHARIINI.COM - Usulan Wakil Wali Kota Batam, Muhammad Rudi agar lokasi unjuk rasa ditetapkan di aset BP Batam, Stadion Temenggung Abdul Jamal saja, langsung dibalas BP Batam. BP meminta gubernur agar di Pergub nanti titik demo dipusatkan di Lapangan Engku Putri di Batamcenter.

"Engku Putri bisa jadi alternatif lokasi selain (stadion) Temenggung," kata Direktur Humas dan Promosi BP Batam, Purnomo Andiantono, Rabu (24/2/2016).

Menurut dia, titik untuk pemusatan lokasi demo tak harus di satu tempat. Mengingat, bisa saja dalam sehari ada beberapa aksi unjuk rasa yang digelar oleh elemen masyarakat berbeda.

"Belum lagi kalau misalnya Temenggung dipakai pengarahan oleh Gubernur, kan gak mungkin dibuat demo, apalagi kalau ada kegiatan olahraga di sana," kata Andiantono.

Disinggung lokasi Engku Putri yang berada di dekat kantor pemerintahan dan BP Batam, Andiantono katakan itu bukan masalah.

"Yang penting kan demonya diawasi, bisa juga dengan dipagar kawat berduri jadi tidak merusak," paparnya.

Meski begitu, dia katakan penentuan lokasi sentral demo di Batam mestinya dibicarakan dulu oleh banyak kalangan. Seperti Pemerintah Provinsi Kepri dengan menggandeng Pemerintah Kota (Pemko) Batam dan BP Batam.

"Karena memang belum ada pembahasan, kami juga belum dipanggil gubernur," kata dia.

 Sebelumnya, Wakil Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengusulkan agar Stadion Temenggung Abdul Jamal di Mukakuning jadi titik sentral lokasi demo. Pertimbangannya, selain luas tempat itu juga tidak bersinggungan langsung dengan fasilitas publik seperti jalan raya.

"Sehingga demo tidak mengganggu pengguna jalan," kata Rudi.

Nantinya, kata dia, pihak yang jadi tujuan demo harus datang ke lokasi yang ditunjuk itu untuk mendengarkan sekaligus menanggapi aspirasi para pendemo.

"Bisa nanti dibunyikan aturannya dalam Pergub sehingga lebih mengikat," kata Wali Kota Batam terpilih itu.

Usulan Rudi itu merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Luhut Panjaitan merespon maraknya aksi unjuk rasa di Batam.

"Bisa diusulkan tiga tempat, seperti di kantor Gubernur, kantor Wali Kota dan DPRD," kata Luhut kala itu.

Sumber : Batampos
  • Facebook Comments
Item Reviewed: BP Batam Tolak Temenggung Dijadikan Pusat Unjuk Rasa Rating: 5 Reviewed By: idvan