Latest News
Wednesday 20 April 2016

JK : Presiden Instruksikan Pengawalan Kapal di Perairan Filipina

 
 
BATAMHARIINI.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi instruksi untuk melakukan pengawalan terhadap kapal-kapal Indonesia yang berada di sekitar perairan Filipina. Pengawalan dibutuhkan untuk mencegah aksi pembajakan atau penyanderaan anak buah kapal (ABK).

"Presiden sudah instruksikan itu untuk pergi-pulang ada pengawalan itu. Presiden sudah instruksikan," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (19/4/2016).

Namun hingga saat ini, JK menyebut tidak ada usulan penutupan jalur pelayaran yang menghubungkan dengan perairan Filipina.

"Bahwa kapal-kapal Indonesia diperingatkan untuk hati-hati atau menghindari jalur itu, ya.  Tentu bisa dipertimbangkan tapi tidak mungkin Indonesia menutup, itu kan daerah pelayaran internasional," terangnya.

Pemerintah Indonesia sambung JK masih melakukan komunikasi dengan otoritas Filipina untuk menjajaki kerja sama pengawalan keamanan kapal yang melintas di sekitar perairan Filipina.

Namun terkait penyanderaan 14 orang WNI oleh kelompok Abu Sayyaf, JK mengaku belum mendapat informasi terbaru. "Nggak tahu, belum dapat," kata dia. 
 
Sumber : DETIK

  • Facebook Comments
Item Reviewed: JK : Presiden Instruksikan Pengawalan Kapal di Perairan Filipina Rating: 5 Reviewed By: idvan