Latest News
Saturday 12 December 2015

Penasaran Dengan Lambang Kuda di Logo Kabupaten Kuningan ?, Cek di Sini Yuk Artinya




 Lambang Kuningan

A. Makna Umum
Dengan modal semangat dinamis, konstruktif, sportif, semangat menegakkan keadilan, melenyapkan kebathilan, sanggup berjuang, membangun dan bertaqwa kepada Allah SWT. Untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dalam negara kesatuan Republik Indonesia.

B. Arti Unsur-Unsur

1. Dasar
Perisai berbentuk lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan berlekuk/bertangga dua di tepi atas, berarti tenang, penegak keamanan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta lambang keadaan yang selalu aman, tentram dan sejahtera. 

2. Kuda Jantan
Melambangkan masyarakat Kuningan yang mempunyai sifat-sifat dinamis, konstruktif, kreatif, sportif, semangat menegakkan keadilan dan melenyapkan kebathilan. Dalam sejarah perjuangan leluhur Kuningan dan masa gerilya, kuda selain digunakan sebagai sarana angkutan, juga digunakan sebagai alat perjuangan, dan terkenal dengan “Leutik-leutik Kuda Kuningan” (Kecil-kecil Kuda Kuningan). 

3. Gunung Ciremai
Menunjukkan letak Kabupaten Kuningan yang berada di Lereng Gunung Ciremai dengan tanah yang subur, udara yang sejuk dan nyaman serta sebagai daerah wisata. Gunung Ciremai yang terkenal terbesar/tertinggi (3.078 m dpl) di Provinsi Jawa Barat akan menumbuhkan rasa nasionalitas yang kuat. 

4. Air Sungai
Lima gelombang air sungai melambangkan kesuburan, bahwa Kabupaten Kuningan memiliki 5 (lima) buah sungai besar, yaitu : Sungai Cisanggarung, Sungai Cijolang, Sungai Cisande, Sungai Cijangkelok, dan Sungai Citaal. 

5. Bokor Kuning
Melambangkan sejarah lahirnya Sang Adipati Kuningan anaknya Ki Gedeng Luragung yang dipungut anak oleh Sunan Gunung Jati, dan kelak dikemudian hari dinobatkan menjadi Kepala Pemerintahan Kuningan yang pertama sesudah masuknya agama Islam di Kuningan pada tanggal 1 April 1498. Bokor Kuning diartikan juga sebagai lambang lahirnya Pemerintah Kabupaten Kuningan pada tanggal 1 September 1498. 

6. Padi
Melambangkan kesuburan dibidang pangan. 

7. Kapas
Melambangkan kesuburan dibidang sandang. 

8. Sasanti
"Rapih Winangun Kerta Raharja" yang bermakna pemerintah beserta seluruh masyarakat Kuningan selalu tertib dan teratur serta penuh semangat membangun di segala bidang demi terciptanya kemakmuran dan kesejahteraan lahir batin. 

C. Arti Warna
1. HIJAU berarti kemakmuran, kesejukan, ketenangan dan harapan (optimis);
2. PUTIH berarti kesucian, kebersihan, kejujuran, keadilan dan kewibawaan;
3. HITAM berarti tegak, kuat, kebenaran, ampuh dan teguh;
4. BIRU berarti kesetiaan, ketaatan, kepatuhan, kebesaran jiwa, berpandangan luas, perasaan halus, rendah hati dan berjiwa besar;
5. KUNING EMAS berarti kesejahteraan, keagamaan, keagungan, keluhuran dan keluhungan. 

(sumber :Profil Kabupaten Kuningan Tahun 2012)
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Penasaran Dengan Lambang Kuda di Logo Kabupaten Kuningan ?, Cek di Sini Yuk Artinya Rating: 5 Reviewed By: idvan