BATAMHARIINI.COM - Saat ini BRI sudah mengoperasikan sendiri satelitnya yang
diberi nama BRIsat. Sebelumnya telah dilakukan penyerahan oleh
Arianespace selaku perusahaan jasa antariksa asal Prancis kepada bank
pelat merah tersebut.
Satelit milik PT Bank Rakyat
Indonesia (BRI) juga sudah mengorbit di atas langit Papua. BRIsat
diluncurkan dari Guiana Space Center pada Minggu pagi (19/6) waktu
Indonesia. Selanjutnya BRIsat sampai pada orbit di atas langit Papua
pada akhir Juni.
"Satelit BRI sudah berjalan
kira-kira 2 minggu lalu. Sudah mengoperasikan sendiri dan sudah
berjalan," kata Direktur Utama BRI Asmawi Syam usai paparan kinerja Bank
BRI di Gedung BRI, Jakarta Pusat, pada hari Senin (15/8).
Layanan
perbankan digital bank pelat merah itu sudah pasti akan lebih optimal
dengan beroperasinya BRIsat. BRI juga ingin memaksimalkan pengoperasian
satelit BRIsat terutama dalam memaksimalkan pelayanan perbankan digital.
BRI
merupakan satu-satunya perbankan yang memiliki satelit. Oleh karena
itu, BRI akan membuktikan kinerjanya dengan memaksimalkan pelayanan
perbankan digital. Sehubungan dengan hal tersebut, BRI juga meluncurkan
layanan perbankan digital di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta.
"Mulai Senin (15/8) sore BRI akan membuka satu layanan digital banking services. Istilahnya full digital banking services yang didukung oleh satelit BRI, yaitu BRIsat. Pertama kali di dunia hanya BRI yang punya satelit. Showcase kita biar di Terminal 3 Ultimate," tutur Asmawi.
PT
Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) membuka cabang digital pertamanya di
Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Cabang digital
nantinya akan diberi nama BRI Digital. Tujuannya, untuk mempermudah
nasabah BRI dalam mendapatkan layanan perbankan yang mudah dipahami.
Ada satu perangkat video banking
di salah satu sudut ruangan BRI Digital di Terminal 3 Ultimate Bandara
Soekarno Hatta, Tangerang. Perangkat tersebut dapat digunakan untuk
melayani kebutuhan nasabah tanpa harus datang ke kantor cabang. Sekilas
perangkat itu mirip seperti mesin ATM berbentuk kotak dengan layar
berukuran 7-10 inch.
Melalui perangkat video banking
nasabah dapat melakukan seluruh transaksi perbankan secara cepat dan
aman. Transaksi perbankan melalui video banking juga akan dibantu oleh
seorang customer service yang terhubung secara real time dari Kantor Pusat BRI, Jakarta Pusat.
Selanjutnya,
BRI juga akan memperbaiki pelayanan produknya. Penyaluran kredit mikro
BRI memiliki porsi terbesar dalam penyaluran kredit. Jadi, setelah
BRIsat beroperasi, BRI juga akan mengembangkan layanan kredit mikro. Hal
tersebut disampaikan langsung oleh Asmawi setelah membicarakan satelit
BRIsat di Gedung BRI Jakarta Pusat.
"Ke depan kita akan memperbaiki produk. Produk yang pas untuk mikro kita akan melakukan product development mensinergikan dengan bisnis induk," tutup Asmawi.
Nantinya
di setiap cabang digital BRI hanya ditempatkan beberapa pegawai saja.
Kehadiran pegawai BRI bukan untuk melayani, tetapi untuk memberikan
edukasi penggunaan perangkat layanan digital BRI.
Sumber : Detik