Latest News
Wednesday 20 July 2016

Ini Sejumlah Menteri yang Bakal dicopot dan digeser Presiden Jokowi


BATAMHARIINI.COM - Isu perombakan kabinet memang belum terbukti, namun tetap berkembang liar dan kian detail. Informasi terbaru yang menyebar di Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) seperti dikutip dari situs pojoksatu.id menyebut, ada sejumlah pos pergantian jabatan menteri.

Dalam rumor yang beredar disebutkan ada sejumlah menteri  bakal dikeluarkan dari kabinet atau bergeser pos.

>>Salah satu pejabat yang bergeser pos adalah Rini Soemarno. Informasi terbaru menyebut jika Rini bakal digeser menjadi Kepala Staf Kepresidenan (KSP) menggantikan Teten Masduki.

>>Sementara Teten Masduki sendiri juga disebut-sebut bakal menggantikan kader Nasdem, Ferry Mursyidan Baldan yang kabarnya tidak akan dipertahankan oleh Jokowi di kabinetnya.

>>Namun muncul juga spekulasi Rini Soemarno diplot  menjadi Menteri Perhubungan mengganti Ignasius Jonan. Jika spekulasi itu terjadi, belum diketahui Ignasius Jonan akan diplot kemana.

>>Satu lagi menteri yang disebut-sebut bakal dicopot adalah Marwan Ja’far, kader PKB yang masih menjadi Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi atau biasa disebut Mendes. Rumor pergantian Marwan memang sudah dibantah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).  Namun, kalau pun terjadi pergantian sesuai spekulasi berkembang, penggantinya disebut-sebut adalah Sekjen Partai Golkar hasil Munaslub di Bali, Idrus Marham.

>>Rumor FPMDI ini  menyebut ada dua nama kuat yang digadang-gadang oleh Partai Amanat Nasional (PAN) mendapat jatah kursi di Kabinet. Yakni, Taufik Kurniawan yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPR atau Mulfachri Harahap yang menjabat Ketua Fraksi PAN di DPR. Salah satu dari kedua nama itu disebut diplot sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menggantikan kursi Yuddy Chrisnandi.

>>Posisi Yuddy disebut-sebut digeser menjadi Kepala Penasihat Wakil Presiden JK menggantikan Sofyan Wanandi. Namun, disebutkan pula bahwa JK kurang setuju dengan mutasi Yuddy dan masih  mempertahankan di posisi Menteri PANRB.

>>Bila JK berhasil, Mulfachri akan digeser jadi Menteri Pemuda dan Olahraga menggantikan Imam Nahrawi.

>>Lantas bagaimana posisi Budiman Sujatmiko dan Bambang Sulistomo, putra pahlawan Bung Tomo? Diprediksi, Budiman menjadi salah satu kandidat pengganti Marwan Jafar dan Bambang Sulistomo pun meramaikan bursa kandidat pengganti Menteri PANRB. Sejauh ini,  tidak ada kepastian atas  spekulasi yang  berkembang, karena semua menjadi hak prerogratif presiden. Namun, setelah memasuki era reformasi, bongkar pasang kabinet bukanlah menjadi peristiwa yang luar biasa.

Nah dengan munculnya berita sejumlah menteri bakal dicopot atau digeser posnya dalam rencana reshuffle jilid II di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo, Bagaimana menurut anda?

Sumber : BACAKABAR.COM



  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ini Sejumlah Menteri yang Bakal dicopot dan digeser Presiden Jokowi Rating: 5 Reviewed By: idvan